Jumat, 12 Oktober 2012

Pergunakan Layanan Hak Cipta Menjaga Originalitas Konten anda

Masih ingat bagaimana Pemerintah Amerika Serikat memberlakukan pengetatan permasalahan Hak Cipta , mungkin kita masih ingat dengan kejadian demonstrasi besar-besaran selama satu hari  penyedia layanan sosial networking  tentang penolakan kebijakan SOPA. Ya kini kebijakan tersebut berlanjut walaupun lebih lunak dalam prosesnya terutama pengetatan mengenai hak cipta piracy perangkat lunak , dan kini Google pun mulai ketat dalam hal yang satu ini , sehingga jelas saja Crawl yang bekerja untuk melakukan pengindexan inipun mulai melakukan pembersihan terhadap website yang melakukan duplikasi konten.

Tulisan pada blog anda adalah hak cipta anda yang merupakan hasil kreasi dan pemikiran anda , jelas inipun harus dilindungi . Dan harus dibayar mahal , maka alangkah baiknya seluruh tulisan anda yang benar-benar original ini dibuktikan atau dikuatkan dengan pengukuhan License .
Mungkin bagi para developer open source lebih banyak menggunakan license pada GPL , nah bagaimana dengan dengan karya kreative seperti tulisan, gambar, audio , video  yang anda buat ? Untuk license ini anda dapat menggunakan salah satu license yang bersifat terbuka dimana seluruh Hak Cipta anda masih berada di tangan anda. salah satunya adalah license Creative Common , untuk layanan License Ini anda bisa langsung menuju website Creative Common disini .

Untuk Penggunaan License ini wilayah hukumnya Indonesia belum berada didalamnya , namun bila anda menginginkan license Creative Common untuk wilayah hukum indonesia dapat masuk pada website Creative Common Indonesia.

Dengan license ini merupakan sebuah pengakuan akan hak cipta tulisan pada blog kita , jelas untuk mengatakan bahwa seluruh tulisan anda itu benar-benar original milik anda bukan sebuah plagiat dari tulisan pada blog lainnya , maka anda benar-benar harus bertanggung jawab dengan seluruh yang anda buat di blog apalagi dengan mencantunkan license Creative Commons.
Bagi anda pelaku SEO Topi Putih ( SEO White Hat ) penggunaan license Creative Commons pada blog anda semakin memudahkan blog anda terindex dengan baik di google .