Kamis, 06 Desember 2012

Yang Terlupakan Oleh Para Blogger

Tentunya hal ini mungkin sudah sangat biasa dilakukan oleh para Blogger untuk mengisi kontennya yaitu dengan menulis ulang atau menduplikasi sebuah tulisan atau melakukan penduplikasian dengan teknik translasi bahasa, hal ini banyak pula dilakukan oleh website portal besar lainnya. Namun ada yang sangat disayangkan yaitu kita terkadang tidak menyebutkan sumber aslinya , berbeda dengan website portal-portal besar yang menyebutkan sumber aslinya.

Mungkin hal yang kecil ini terkadang disepelekan oleh para penulis Blog , padahal untuk menyebutkan sumbernya yang berada dibawah tulisan merupakan sebuah bukti pengakuan kita  terhadap sumber tersebut , dan dengan menyebutkan sumbernya merupakan penghargaan kita terhadap Hak Intelektual yang dimiliki oleh sumber tersebut.

Kenapa harus gengsi dengan menyebutkan sumber aslinya, karena ini adalah sebuah pembelajaran kecil untuk menghargai Hak Cipta orang lain , karena bisa jadi tulisan yang dibuat untuk konten blog kita terinspirasi dari sebuah blog atau sebuah website yang pernah kita baca. Terkecuali memang tulisan yang kita buat adalah murni seratus persen hasil pemikiran kita tanpa mengambil sumber manapun. 

Jika kita menulis sesuatu pada konten blog yang kita miliki maka secara utuh akan menjadi cermin pemilik Blog tersebut , semakin banyak tulisan asli yang dibuat dari hasil pemikiran maka akan semakin tinggi nilai originalitasnya , namun bila hasil reduksi berbagai sumber maka sebutkan sumber-sumber tersebut sehingga kekuataan originalitas pada tulisan kita akan diketahui dari bagian-bagian tertentu terutama dari reduksi seluruh tulisan dari sumber-sumber tersebut.

Mulailah sesuatu dari hal yang kecil dengan mencantumkan sumber aslinya bila kita mereduksi sebuah tulisan, karena hal itu sangat penting dan berharga dalam proses pembelajaran mengenai Hak Cipta dan Hak Intelektual.   Walaupun anda tidak memberikan Anchor Text menuju sumber aslinya . Namun dengan menggunakan dan mencantumkan sumber-sumber dan bahan bacaan dalam sebuah tulisan akan menjadi nilai tambah kepada anda karena anda telah menghargai karya orang lain dan tentunya akan sangat membantu para pembaca blog anda bila menginginkan sumber aslinya.