Rabu, 02 Januari 2013

Antara Kontes SEO dan Kontes Blog

Antara Kontes SEO dan Kontes Blog , mungkin SEO Topi Putih yang baru masuk didalam dunia blogging Indonesia beberapa bulan ini selalu melakukan analisa kontra dengan analisa para pakar blogger sebelumnya. Dan mungkin juga analisa SEO Topi ini salah , diantaranya adalah mengenai esensi dan efek yang timbul dari kedua istilah tersebut yaitu Kontes SEO dan Kontes Blog. Karena  banyaknye pengertian sehingga banyak kesalahan dilakukan sebuah perusahaan yang akan melaunching sebuah Branding di dunia Internet dan memperkenalkannya lewat dunia search engine, yaitu dengan istilah Kontes SEO dan Kontes Blog.

Tentunya ini hanya sekedar masukan untuk para penyelenggara yang memang sengaja menyediakan anggaran promosi untuk hal ini,   namun bagi para blogger khususnya karena terdapat esensi yang berbeda antara kontes ini yaitu Kontes SEO dan Kontes Blog.

Kalau Kontes SEO biasanya yang menjadi Juri adalah Google SERP dimana pemenangnya diambil dari peserta kontes yang tulisan blognya masuk pada urutan pertama , kedua dan ketiga. Namun berbeda dengan Kontes Blog, dimana pemenang ditentukan oleh Dewan Juri penylenggara tanpa melihat apakah tulisan tersebut berada di urutan pertama atau tidak namaun yang dilihat apakah tulisan itu benar-benar berkualitas.

Namun tetap saja masih banyak para blogger yang menganggap kedua-duanya ini sama karena memang yang di jadikan media kontes adalah Blog. Namun karena esensi nya yang berbeda maka dampaknya pun akan berbeda. Sebuah kontes SEO diselenggarakan adalah bertujuan untuk mengotimasi halaman Penyelenggara walaupun kenyataannya optimasi yang dilakukan berdasarkan hitungan mesin malah tidak terjadi namun pasti branding tersebut terkenal oleh para blogger, berbeda dengan dengan Kontes Blog yang tidak mengedepankan Keyword yang malah hal ini akan mampu mengoptimasi sebuah website penyelenggara karena backlink yang terjadi adalah backlink yang natural yang berasal dari tulisan yang tidak memiliki judul dengan keyword yang sama.  

Jadi sebenarnya bila saja penyelenggara lebih cerdik, maka untuk mengoptimasi sebuah Branding yang dimiliki oleh Website penyelenggara bukan mengadakan kontes SEO dimana jurinya adalah Google melainkan Kontes Blog dimana tidak ada ikatan Keyword tertentu melainkan Judul yang dijadikan Keyword oleh para peserta adalah Keyword yang bebas , dan cukup mengarahkan keyword tertentu berada dalam konten daan membuat hyperlink menuju website penyelenggara.

Seperti tulisan sebelumnya mengenai Kontes SEO menjadi Senjata Makan Tuan bagi penyelenggara , tentunya dampak itu dapat dihindari dengan kontes Blog dimana tidak ada ketentuan keyword yang dibuat cukup hyperlink yang diinginkan sehingga nantinya Hyperlink yang dibuat oleh peserta akan manjadi backlink yang natural , dan tentunya hal ini akan mampu mengoptimasi website penyelenggara kontes.

Jadi kembali lagi , tinggalkan paradigma backlink yang lama karena Google Terus melakukan perbaikan algoritmanya salah-salah bila terjadi aliran yang berlebihan bukan mesin lagi yang menghandle keyword tersebut melainkan Human atau petugas google yang akan menghentikan aliran Keyword tersebut.