Rabu, 02 Januari 2013

Kontes SEO Menjadi Senjata Makan Tuan

Kontes SEO Menjadi Senjata Makan Tuan - Kenyataan Google Penguin dan Google Panda tidak terbantahkan karena kedua algoritma tersebut  telah membuat sebuah paradigma baru didalam dunia blog yang sesungguhnya , yaitu kekuatan tulisan Blog yang Fresh dan Original akan mampu mengalahkan sebuah website kondang sekalipun. Hal ini dapat dibuktikan dengan beberapa kontes blog yang dilakukan akhir-akhir ini. Banyak penulis Blog yang mampu mengambil alih Tagline sebuah website sehingga website pemilik tagline tidak mampu menempati SERP Pertama di halaman Google.

Mungkin bagi penyelenggara Kontes SEO Tidak menyadari bahwa Kontes SEO dengan kata kunci tertentu yang diinginkan malah akan menenggelamkan website penyelenggara hal ini terjadi karena jumlah keyword dan link anchor text yang berlebihan. Mungkin untuk memperkenalkan sebuah branding dengan cara kontes SEO ini memang cukup efektif namun bila bicara kelanjutan dari sistem pencarian ini jelas akan menimbulkan permasalahan baru yaitu sulitnya website yang dimiliki penyelenggara untuk masuk pada SERP Pertama Google karena kekuatan penulisan yang dimiliki oleh para Blogger.

Semakin banyaknya backlink yang dibuat oleh para blogger itupun tidaklah efesien karena semakin banyak backlink tentunya memiliki  mutu berbeda-beda sehingga hal ini malah akan merusak sistem pencarian Alamiah dan natural yang dibangun oleh Google, sehingga berdampak pada website penyelenggara sendiri , bukannya mudah masuk pada sistem pencarian malah sebaliknya , bisa jadi halaman penyelenggara berada di halaman yang cukup jauh dalam SERP Google. Hal ini dikarenakan Backlink yang berlebihan dianggap sebuah backlink yang un-natural oleg Google Penguin. 

Itu satu sisi yang team SEO Topi Putih Pelajari , selain itu jelas saja backlink yang ada bila kalkulasikan dari jumlah domainnya  yang mengikuti jumlah terbesar adalah berasal dari domain blogspot.com , atau wordpress.com , sedangkan kepemilikan domain yang lain sangat signifikan kecil sehingga toh kekuatan backlink bukan berasal dari banyaknya domain. Hal ini pun harus dipertimbangkan kembali oleh para penyelenggara , karena Google Penguin pun melihat jumlah domain yang membacklink website penyelenggara yang dikonteskan.

Banyak hal yang lainnya yang sebenarnya malah akan menjadi Senjata Makan Tuan bagi penyelenggara Kontes SEO , walau keyword yang diinginkan akan mudah dicari namun semuanya tidak bersifat natural melainkan bersifat insidental hal ini akan mempengaruhi sistem pencarian selanjutnya untuk website penyelenggara konten.

Mungkin disisi lain terutama bagi Para blogger ini adalah kesempatan emas untuk membuktikan kelihaiannya didalam menerobos sistem SERP Google untuk sebuah keyword tertentu. Ditambah lagi dengan hadiah yang ditawarkan.

Cara efektif bukan dengan mengadakan kontes Blog secara terbauka melainkan dengan mengundang para bloger secara tertutup dengan jumlah tertentu terutama penyelenggara dapat mengundang blogger yang memiliki domain sendiri dengan presentase tertentu , misalnya dari Blogspot.com sebanyak sekian persen , wordpress.com sekian persen dan domain prinadi milik blogger itulah yang diutamakan karena hal ini nantinya akan mempengaruhi nilai backlink natural , yang tentunya inipun bertujuan toh untuk mengoptimasi layanan website penyelenggara.

Namun berbeda lagi bila permasalahan diatas di kesampingkan oleh penyelenggaran Kontes , yang paling utama adalah branding tersebut bisa terkenal ditengah para blogger itu hal yang  lain . Dan memang kontes blog ini adalah cara yang efektif bila hanya untuk mempopulerkan sebuah keyword saja dengan resiko website penyelenggara akan tenggelam dalam SERP Google.